Pengertian Radio dan Perkembangan Radio

1. Pengertian Radio
Hasil gambar untuk radio kartun

Menurut Anwar Arifin, Radio adalah alat komunikasi massa, dalam artian saluran pernyataan manusia umumnya/terbuka dan menyalurkan gelombang yang berbunyi, berupa program-program yang teratur yang isinya aktual dan meliputi segi perwujudan kehidupan masyarakat.  Sedangkan menurut H. A. Widjaja, radio adalah keseluruhan sistem gelombang suara yang dipancarkan dari stasiun pemancar dan diterima oleh pesawat penerima di rumah, mobil dan yang lainnya.

2. Perkembangan Radio
Pada tahun 1877, Edison menemukan gramofon sebuah alat yang bisa digunakan untuk memainkan rekaman. Pada saat yang sama, James Clerk Maxwell dan Helmholtz Hertz melakukan penelitian elektromagnetik yang pada akhirnya menjadikan awal penemuan gelombang radio. Dari penelitian tersebut ditemukan fenomena bahwa gelombang radio merambat dalam bentuk bulatan diibaratkan seperti kita menjatuhkan sesuatu pada permukaan air yang tenang. Terdapat dua cara mentransmisikan gelombang data untuk radio, amplitude (AM )dan frekuensi (FM). Metode pengiriman sinyal seperti ini disebut analog.

Pada sejarah media penyiaran dunia, diawali ketika Heinrich Hertz berhasil melakukan pengiriman dan penerimaan gelombang radio pada 1887, yang kemudia dilanjutkan oleh Guglielmo Marconi, orang Italia yang mengirimkan sinyal morse berupa titik dan garis. Pada tahun 1901, sinyal ini dikirim menggunakan gelombang elektromagnetik dan berhasil menyeberangi samudera Atlantik. Kemudian pada tahun 1906, Lee De Forest menemukan audio tube, yaitu sebuah alat yang memungkinkan pengiriman atau transmisi suara untuk mengirim pesan ke udara. Pada tahun yang sama, Reginald Fessenden membuat siaran di radio untuk pertama kali dengan memutar lagu natal menggunakan operator nirkabel di laut lepas.


Pada tahun 1920, muncul stasiun radio pertama kali ketika Frank Conrad menyiarkan lagu dan mengumumkan hasil pertandingan olahraga melalui pemancar radio di garasi rumahnya. Sejak saat itu, berbagai stasiun radio bermunculan dengan berbagai program informasi atau hiburan masing-masing. Tahun 1926, National Broadcasting Company (NBC) menjadi yang pertama dalam membangun sistem jaringan. Kemunculan NBC membantu Edwin Howard Amstrong dalam menemukan radio dalam Frekuensi Modulasi (FM). Radio FM memiliki kualitas suara yang lebih bagus dan jernih. Radio FM ini baru benar-benar muncul di masyarakat pada tahun 1960an. Salah satu radio di AS mencoba menyiarkan lagu-lagu yang disukai masyarakat, hal itu berhasil menarik peminat untuk mendengarkan radio yang pada saat itu kalah perkembangannya dibanding televisi. Hingga saat ini radio pun masih didengar oleh masyarakat dengan beragam masing-masing program yang dimiliki stasiun radio itu sendiri.

Sumber :
Rahayu, P.P. (2013). Sejarah Perkembangan Radio. Diakses melalui http://digilib.uinsby.ac.id/10775/5/bab%202.pdf pada tanggal 3 Maret 2017

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REPRESENTASI PEREMPUAN, ANAK, ETNIS, DAN LGBT DI MEDIA MASSA

Studi Kasus : Eksistensi Radio di Era Digital

Teori Komunikasi Massa Klasik dan Kritis